Rabu, 26 Januari 2011

Betapa Saya Begitu Bangga Pada Musisi Lokal Jaman Dulu (templecloud #1 mixtape)


01 - Dara Puspita - Pinokio
02 - Elly Kasim - Kudaku Lari
03 - Oslan Husein - Bengawan Solo
04 - Orkes Irama Lenso - Gelang Sipaku Gelang
05 - Emmy - Embun Pagi
06 - Adi & Endi - Balonku
07 - Panbers - Djakarta City Sound
08 - Benyamin Sueb - Superman
09 - Marlia - Badminton
10 - Kus Bersaudara - Si Kantjil
11 - The Hawaiian Senior - Nina Bobo
12 - The Rhytm Kings - Kasih Bersemi
13 - Ariesta Birawa - Minggu Pagi
14 - Adi - Markonah
15 - The Singers - Hand of 1000 Dances
16 - Koes Bersaudara - Poor Clown
17 - Rhoma Irama-Credite Title (instrumental)

Menemukan rekaman fisik dari band/musisi lokal era 50an s/d 70an sekarang, sangatlah tidak mudah. Kalaupun ada pasti harganya selangit. Coba tanyakan pada penggila rekaman fisik piringan hitam, untuk album Dara Puspita - Jang Pertama, Koes Plus (terutama vol.1 s/d 4), Koes Bersaudara - To the so called Guilties, Ariesta Bhirawa - Vol.1, The Singers, pasti rata-rata mereka akan menjawab, pasaran termurah berkisar pada harga 300 ribuan. Bahkan saya pernah melihat album Dara Puspita - Jang Pertama pernah dilelang di ebay, dengan nilai awal 200 dolar! Gilaaa! Bahkan saya rasa rilisan-rilisan Sarah Records pun tidak ada apa-apanya dibandingkan album Dara Puspita tersebut.

Mungkin anda bakal heran kenapa album-album lokal era 50an s/d 70an dihargai sebegitu mahalnya. Dan rata-rata peminatnya kebanyakan adalah orang luar negeri. Album-album seperti Jang Pertama, To the so called Guilties, Ariesta Bhirawa, Guruh Gypsy, Shark Move, Abbhama, dan bahkan Rhoma Irama diapresisasi sebegitu hebatnya oleh orang-orang sana. Bahkan beberapa diantaranya sudah dirilis ulang kembali dalam bentuk cd dan piringan hitam. Sebuah ironi.

Dan ini merupakan kompilasi atau mixtape pertama yang saya buat untuk blog ini. Judulnya "Betapa Saya Begitu Bangga Pada Musisi Lokal Jaman Dulu", mungkin menurut anda judul ini sedikit agak norak, walaupun sejujurnya ini datang dari lubuk hati saya yang paling dalam :)

Dari garage, blues, pop, cha-cha, latin, guitar pop, rock, psychedelic, dangdut blaxpoitation, 60's girl group, dan terserah anda menerjemahkannya sebagai apa. Dari Dara Puspita, Elly Kasim, Panbers, Benyamin, Koes Bersaudara, The Singers, sampai Rhoma Irama. Semoga anda menikmatinya seperti saya juga menikmatinya. Tabik!

Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar